Minggu, 08 November 2015

Donor organ di Indonesia?


Setelah beberapa hari lalu liat tentang donor organ ditv, tiba-tiba keingetan lagi kalo dari dulu pengen donor organ (maksudnya nanti kalo udah mati sik, yakale sekarang cyin :p)
Gak inget juga kenapa beberapa tahun lalu kepikiran untuk nantinya pengen donor organ.
Yang gue inget, keinginan itu semakin kuat saat liat kakak sepupu (re: mas Handi) berjuang 2 tahun dalam penyakit gagal ginjalnya.
Iya, cuma 2 tahun aja kuatnya. Dan iya, dia kena gagal ginjal stadium (hampir) akhir saat pertama tau. Padahal dia cuma selisih 1 tahun aja dari gue. Meninggal dalam usia 20an saat itu. :'(

Balik lagi ke soal donor organ di Indonesia. Kenapa disini kayak gak umum ya donor organ. Semacam hal yang tabu juga untuk dibicarakan.
Beberapa kali cari di mbah gugel juga kok kayaknya gak pernah ada yang bikin artikel jelas atau ceritain history seseorang yang pernah donor organ gitu ya?
Apa karena pendonor organ gak mungkin bikin artikel karena saat dia selesai donor, dia udah metong? (MAAPIN :p)
Belum lagi soal pro-kontranya donor organ dari sisi hukum, kesehatan, dan agama. Agak riweh ya.
Padahal menurut gue (MENURUT GUE - capslock :D), donor organ sah-sah aja kan?

Gini. Bukannya saat kita meninggal nanti tubuh atau jasad hanya akan dikubur? Dikubur dengan semua organ-organ kita. Sedangkan MUNGKIN disudut ruangan rumah sakit (entah dimana) ada orang yang sedang berjuang mempertahankan tubuh dan organnya agar tetap normal? Dan agar tetap hidup?

Oke kalo ada statement yang menyatakan bahwa kita diberi kesempurnaan sedemikian rupa sama Tuhan saat kita lahir, tapi kenapa saat kita meninggal 'dikembalikan' ke Tuhan dalam keadaan sudah gak lengkap lagi. Iya bener juga. 
Tapi kepikir gak sih kali aja kalo kita meninggal nanti kita bisa donorin (at least) mata kita untuk orang lain?
Kali aja penerima donor itu orang yang tuna netra dari lahir?
Bukannya indah banget kalo organ tubuh kita bantu orang lain untuk melihat pertama kalinya sejak dia lahir?

Gak muluk-muluk sih sebenernya. Gak bertujuan jadi terkenal (cie gitu pikirannya HAHA). Atau diomongin orang karena kita rela ngasih organ tubuh kita. 
Cuma kepikiran aja nantinya bakal ada orang lain yang bakal bahagia banget menjalani 'hidup barunya' yang berbeda dari sebelum menerima organ. Bener gak sih?

Yaaaa gitu deh pokoknya. Cuma iseng aja lagi galau kenapa dinegara ini gak terbuka soal donor organ. PADAHAL BANYAK BANGET YANG MEMBUTUHKAN. (sedih deh) :'(
Untuk siapapun yang kebetulan (atau lagi khilaf HAHA) baca tulisan ini, dan tau soal donor organ di Indonesia, mohon bantuannya untuk komen yaaaaaaa.
Thaaankkkksssss.
Tiyuuumm duluuuuu :*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar